Jakarta - Semakin banyaknya
varian MPV di tanah air, tentu menjadi keuntungan untuk masyarakat di
Indonesia. Namun meski banyaknya pilihan MPV di tanah air, hingga saat
ini Toyota Avanza masih memimpin.
Meski diserbu berbagai jenis MPV terbaru awal tahun ini, Avanza dan kembarannya masih bisa bertahan.
Bahkan
saking banyaknya Avanza di jalanan, ada sebuah anekdot. 'Susahnya
menyalip Avanza, sudah disalip, eh sudah muncul lagi di depan'.
Apa
rahasianya? "Kalau strategi khusus sih tidak ada, tapi kami hanya
memberikan suatu produk yang tepat untuk masyarakat," ujar GM Corporate
Planning and Public Relation PT Toyota-Astra Motor Widyawati Soedigdo.
Widyawati menambahkan produk yang tepat yang menjadi perbedaan dasar untuk varian MPV ditanah air.
"Karena
Avanza dibuat berdasarkan kebutuhan masyarakat. Sehingga secara produk
susah digantikan di hati masyarakat, sedangkan yang lain kan
berdasarkan negara yang membuatnya," kata Widyawati.
Namun Widyawati memastikan semua pilihan itu diserahkan kembali kepada konsumen.
"Hanya di dalam kompetisi, semuanya ada ditangan konsumen. Jadi biarlah konsumen yang memilih produk apa pun,"ucap Widyawati.
Di
pasar low MPV dengan 7 penumpang dan kapasitas mesin antara 1.000-1.500
cc, Avanza masih menonjol. Selama 6 bulan pertama di 2012, Avanza
memimpin dengan 17.061 unit, disusul Daihatsu Xenia 6.249 unit, Suzuki
Ertiga 3.782 unit dan Suzuki APV 1.271 unit.
Anda memiliki foto-foto seputar dunia otomotif dan foto di jalanan yang menarik dan lucu? Kirim ke sini dan dapatkan hadiah menarik dari detikOto
Tidak ada komentar:
Posting Komentar