Sabtu, 06 November 2010

komunitas skate

Asyiknya Meluncur dengan Skateboard
ASYIK banget rasanya kalo bisa meluncur di jalanan pake papan beroda. Rasanya ngiri ngeliat sekumpulan anak muda yang nongkrong di sekitaran kampus Perikanan UGM petang itu. Mereka bisa lalulalang seenaknya pake papan beroda yang dikenal sebagai skateboard.
Sambil meluncur, mereka sibuk beratraksi di atas papan itu sambil gurai canda. Yup benar, mereka adalah komunitas skateboard “Gedung Pusat UGM”. Sebenernya sih mereka ini udah lama kebentuknya, yaitu sejak tahun 1992.
Komunitas ini tergolong komunitas skate yang paling uzur di Jogja. Awalnya mereka yang sama-sama punya hobi skate demen ngumpul di depan Gedung Rektorat UGM. Belakangan, mereka boyongan ke samping barat kampus Perikanan UGM. Nggak lupa seabrek peralatan mereka juga ikutan diusung. Karena peralatan itu mereka punya dari hasil ngumpulin duit dari kocek mereka sendiri. Iiii waow… mereka suka nabung guys…!
“Komunitas skate di Jogja sangat berkembang, buktinya udah banyak komunitas-komunitas skate kayak di sini, seperti di depan kampus STTA juga ada, di bawah fly-over Janti juga nggak kalah rame, daerah Jambusari juga demikian. Dan masih banyak lagi, sampe aku nggak apal,” ujar Muhammad Krista, mahasiswa Komunikasi UPN yang sayang banget ama skateboardnya. Nyampe-nyampe tidurpun dikelonin kali, he..he..he…
Dia juga bilang, skateboard itu kegiatan positif. ‘’Wah, positif banget buat anak muda yang pengen ngembangin bakat. Selain itu, juga ada prestasi yang bisa dibanggain dari komunitas skateboard lho. Karena skater Indonesia bisa meraih predikat juara pertama dan ketiga saat ASEAN X Indoor Games di Macau, Hongkong. Sayang, prestasi mereka kurang terekspos media, sehingga pemerintah kurang ngeh,” tambah Krista pas ditanya pendapatnya soal skate di Indonesia.
Petang itu Tim Indikasi juga sempat disuguhi atraksi jumpalitan. Tapi sesekali juga ada pemandangan yang menggelikan, eh…ternyata mereka bisa jatuh juga. Emang, katanya resiko kecelakaan pas latian adalah sesuatu yang udah biasa banget. Cedera engkel, keseleo, sampe ada juga yang patah tulang! beuh ngeri banget… “Cedera-cedera kayak gitu emang udah jadi resiko, tapi itu bukan halangan untuk tetep latian dan berkreasi positif,“ kata Matahari Asysyakuur, anggota skate Gedung Pusat UGM yang juga mahasiswa Komunikasi UGM.
Matahari yang udang nongkrong di komunitas ini sejak tiga taun lalu itu juga berpendapat kalo udah banyak peminat olahraga skate di Indonesia. Tapi ya itu tadi, lagi-lagi pemerintah kurang gaul, kurang peka gitu sama olahraga yang punya gaya atraksi yang disebut ollie, flip, grind, slide, grab dan manual ini. “Jadi harapkan kami para anggota komunitas skate saat ini ya cuma satu, peran serta pemerintah. Masak kalah sama pemerintah di Kalimantan yang udah mau ngedukung skate. Sederhana saja, yaitu cukup dengan menyediakan fasilitas latian,” harap Krista.
Oh iya, for your info aja nih, Skateboarding Day itu juga ada lho. Yaitu diperingati di seluruh dunia tiap tanggal 21 Juni. Maka kalian yang punya hobi skate tapi bingung nyalurinnya, datang aja, ke samping barat kampus Perikanan UGM! (per)

1 komentar: