Selasa, 09 November 2010

DEGRADASI MORAL ATAS PENGARUH KECANGGIHAN TEKNOLOGI

Tahun demi tahun lanjut terus bergilir dan berubah, otak dan watak serta pikiran manusia kian terus berkembang, menggali potensi, memudahkan sesuatu hal yang sulit, menginstankan suatu pekerja’an. Itulah kenyata’an yang kian terus kita hadapi.
            Oleh sebab itu cepat atau lambat, benar atau tidak ini merupakan kenyataan yang harus kita terima. Bahwaa dunia akan berubah bagaikan sebuah bumi perkemahan global. Setiap kemah terbuat dari kaca-kaca bening yang dapat menerobos pengelihatan tanpa ada halangan dan para penghuninya pun tak mampu bersembunyi dari pandangan penghuni yang lain. Dengan teknologi dimanapun kita berada, dinegara manapun kita berada , kita dapat mengetahui informasi-informasi, seluk beluk atau kejadian – kejadian ditempat lain seakan – akan ada ditemapt sekeliling kita.
            Itulah kemajuan ilmu pengetahuan terutamanya teknologi dibidang informasi, yang telah mengiring umat manusia menjadi suatu kesatuan, diantaranya yang sudah tidak asing lagi bagi kita yakni ; TV, Head Phone dan Internet. Inilah yang menyajikan kepada kita kekuatan daya imajinasi da teknologi kom,unikasi yang memungkinkan tersebarnya informasi dalam kualitas yang hampir sempurna dalam waktu yang sangat cepat .
            Ini merupakan suatu kebutuhan kita yang tidak dapat kita pungkiri. Siklus kehidupan semakin cepat dan membuat kita seakan-akan tidak berdaya kecuali harus memiliki, menerima dan mengikuti arus informasi sesuai dengan perkembangan zaman. Dan kita akan terus menerus di bombardir oleh p[ercepatan informasi. Peranan ilmu pengetahuan teknologi informasi atau media elektronik utamanya internet ini telah membuat dunia semakin menjadi sangat sempit seakan – akan tanpa batas, serta mampu membentuk opini dunia . karna dengan kemampuannya dapat menginformasikan berbagai peristiwa dunia secara terus menerus selam 24 jam. Mulai dari pengesuha, pembisnis, pegawai sampai pada pelajar pun sangat membutuhkannya.
            Dengan internet akan mempermudah akses informasi bagi par apembisnis. Pengusaha akan lebih mudah berinteraksi antara produsen dan konsumen. Pelajar juga akan lebi mudah mengakses ilmu-ilmu pengetahuan di dumia pendidikan sejagat raya. Pemerintah dapat berkominikasi dan mencari jaringan – jaringan setiap saat untuk menjalin hubungan antar negara di belahan dunia.  Bahkan masyarakat pun akan lebih mudah menyampaikan keritikannya atas inspirasinya terhadap pemerintahan.
            Internet sa’at ini bukanlah barang mewah lagi, atau barang antik. Internet sa’at ini sudah menjadi menu budaya manusia sehari-hari. Bila kita dapat mengejar dan mampu menguasainya, bahkan buta dan tak mampu menangkap ara zaman, niscaya kita akan menjadi sassaran Gombalisasi mereka yang menguasai teknologi, dan kita akan dianggap mereka dengan sebutan ”Gaptek”.
            Disanping memberi manfa’at yang kuar biasa pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi , globalisasi informasi juga menimbulakn berbagai ketidak pastian, ketidak setabilan dan berbagai macam penyakit masyarakat yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya, kekuatan dan pengaruh internet telah merasuk jiwa dan raga kita, merasuk pada budaya – budaya kita, watak dan pikiran kita.
     Mereka menyalah gunakan fungsi teknologi yang berkembang sa’at ini. Dengan internet seorang dapat melakukan apa saja, kejahatan dalam bedog teknologi makin merajalela, budaya – budaya asing yang tidak normatif mudah kita dapat, sehingga sangat mudah untuk mempengaruhi budaya – budaya lokal. Dan akhirnya akan mengeliminasi budaya lokal dan lebih mengunggulkan budaya – budaya baru yang tidak normatif. Dengan adanya internet sa’at ini generasi bangsa kita khususnya pemuda mengalami degradasi moral.
Mengapa saya katakan begitu, karena para pemudah/ peajar pengguna jaringan teknologi informasi (Internet) tida mengakses suatu hal yang sewajarnya. Mereka telah memanfa’atkan dengan menyalahgunakan kecangihan teknologi dengan mengakses galery – galery yang bernuansa porno, yang semuanya itu tidaklah wajar bagi para pengguna khususnya para muda untuk memanfa’atkan dengan menyaksikan tayangan-tayangan budaya asing yang tidak normatif.  Dan itu telah merusak generasi kita, kalau boleh dikatakan hampir 50 % setiap pengguna kecangihan teknologi meanfatkannya dengan mengakses suatau yang tidak sewajarnya.
            Degredasi moral yang ancap kali akan mengiringi langkah pada era globalisasi. Virus – virus inilah yang menyelinap pada pikiran dan otak setiap orang sa’at ini. Sehingga tidaklah heran bila sekarang banyak sekali terjadi kejahatan kejahatan seksualitas yang meningkat pesat, portitusi merajalela, dua sejoli saling bermesuman di hotel – hotel, dan itu menjadi suatu kebanggaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar